SHARE

Inilah Pagoda Shwedagon Paya. Pagoda paling terkenal di Myanmar dan tujuan utama turis dan peziarah saat berada di Myanamar. Shewdagon Paya atau yang dikenal juga dengan Pagoda Emas, karena pagodanya dilapisi dengan emas selain emas juga dipercantik Intan dan batu Ruby. Dari segi ukuran dibandingkan dengan pagoda-pagoda lainnya yang ada di Myanmar pagoda ini lebih luas. Dengan tinggi pagoda mencapai 99 meter, Pagoda Shwedagon Paya terlihat jelas meski dari jarak jauh.

Pagoda Shewdagon Paya bersama Sule Paya dan Botataung Paya, ketiganya berada di kota Yangoon, dipercaya menyimpan relic suci sang Budha berupa rambut sang Budha.
Legenda mengatakan pagoda ini dibangun sejak 2500 tahun yang lalu namun dari hasil penelitian sejarah pagoda ini dibangun oleh bangsa Mon di abad  6-10 M. Pada abad 14 M pagoda diperbaiki, bahkan oleh ratu Shinsabwu dari Hanthawaddy, pagoda ditinggikan menjadi 40 m. Dann terakhir di masa raja Hsyinbushin dari dinasti Konbaung, tinggi pagoda menjadi 99 m seperti tinggi sekarang.

Bila ingin melihat keindahan pagoda secara sempurna disarankan datang malam hari karena cahaya lampu akan memancarkan warna keemasan pagoda. Lokasi pagoda berada disebuah bukit yang bernama Singuttara bagian barat danau Kandawgyi.

Pada depan pintu masuk terdapat patung besar, 2 ekor Singa mistis (Chinthe) di kiri dan kanan. Masuk ke dalam kita memasuki hall besar. Dari sini kita akan naik tangga dan tiba di halaman Shwedagon Paya. Di sini kita bisa melihat kemegahan Shewdagon Paya. Para peziarah dan wisatawan bercampur para peziarah duduk bersimpuh dan berdoa di depan patung Budha yang ada di dalam kuil maupun yang ada di sekeliling pagoda. Ada juga yang menyalakan lilin yang ada di dekat patung Budha. Sekeliling pagoda dan menuangkan air suci di patung Budha dan meminta permohonan.

Uuntuk memasuki Shewdagon Para wisatawan harus membayar USD 5/orang bila menggunakan Kyat 5000 Kyat/orang.
Selain patung Budha, di sini pengunjung juga dapat menyaksikan lonceng Singu Min, lonceng perunggu seberat 23 ton yang disumbangkan raja Singu di tahun 1779 dan lonceng perunggu seberat 42 ton yang disumbangkan raja Tharawaddy tahun 1841.
Alamat :Jalan Shwedagon Pagoda No.1,Dagon Township,Yangoon
Tiket masuk : USD 2/orang atau 20 ribu kyat
Waktu buka : rabu-minggu jam 10.00-16.00 tutup hari senin,selasa dan libur nasional

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY